Kamis, 23 Agustus 2018

Syekh Abdul Qadir al-Jilani

Abdul Qadir Jilani
oleh Mahlail Syakur Sf.

Masyarakat Muslim terutama di Indonesia mengenal nama Abdul Qadir al-Jailani, dan terkadang diucapkan dengan nama Abdul Qodir Jailani (dengan O pada kata Qodir dan tanpa al pada kata Jailani). 

Sebutan atau penisbatan kata al-Jilaniy pada nama beliau dilatarbelakangi oleh tempat kelahiran Syekh Abdul Qadir dan tempat tinggalnya di masa anak hingga usia 18 tahun, yaitu desa Jilan (جيلان) dari suku Kurdi. Namanya selalu disebut secara lengkap "Syeikh Abdul Qadir al-Jilani (الشيخ عبد القادر الجيلاني) atau dalam ejaan internasional ditulis "al-Gilani"). 

Nama beliau ditulis dalam bahasa Kurdi dengan Evdilqadirê Geylanî, dalam bahasa Persia dengan عبد القادر گیلانی, dan dalam bahasa Urdu dengan عبد القادر آملی گیلانی (Abdolqāder Gilāni).

Abdul Qadir al-Jilani (470–561 H. atau 1077–1166 M.) adalah seorang ulama fiqh yang sangat dihormati oleh Sunni dan dianggap wali dalam dunia Tarekat dan Sufisme

Beliau adalah orang Kurdi atau orang Persia karena beliau dilahirkan di Kurdi kemudian separuh dari umurnya dihabiskan untuk mengabdi ilmu dan pendidikan di Persi (Bagdad Iraq). 

Beliau dianggap wali dan diadakan penghormatan besar oleh kaum Muslim dari anak benua India. Di antara pengikutnya di Pakistan dan India, beliau juga dikenal dengan sebutan Ghaus-e-Azam (الغوث الأعظم).

اللهم انشر نفحات الرضوان عليه 
وامدنا بااسرار التي اودعتها لديه 


1 komentar:

  1. Monggo dikutip atau dishare tanpa meninggalkan sumber tulisan singkat ini..!

    BalasHapus