Jumat, 17 Agustus 2018

Lagu Ya Lal-Wathan menggema di Malam Tirakatan HUT RI ke-73

La Yal Wathan menggema dalam Tirakatan 73th Indonesia Independence Day
*******

Sudah menjadi tradisi masyarakat dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (Independence Day) Republik Indonesia. Tiada lain penyambutan mereka kecuali bertujuan untuk mengekspressikan ungkapan rasa syukur kepada Allâh dan para pejuang atas keberhasilan membebaskan negeri ini dari cengkeraman kaum “Penjahat” yang secara buas menjajahnya selama berabad-abad. Kecuali itu penyambutan ini sebagai wujud kebanggan menjadi bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tidak terkecuali dalam menyongsong HUT ke-73 Kemerdekaan pada tahun ini sebagaimana di lingkungan warga RT 02 RW VI Dusun Boto Kidul, Ngembalrejo Kudus.
Berbagai cara dan macam yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut HUT Kemerdekaan negaranya. Antusiasme masyarakat ditunjukkan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan semua elemennya. Agendanya cukup banyak dan bervariasi, mulai dari permainan hingga lomba dan lazim diakhiri dengan Malam Tirakatan pada malam 17 Agustus.
Malam Tirakatan merupakan puncak kegiatan dari serangkaian agenda yang dipersiapkan oleh masyarakat. Momentum ini ini sekaligus dujadikan ajang pertemuan seluruh warga sekali dalam setahun, mengingat kesibukan masing-masing menjadi faktor kesulitan warga untuk berkumpul bareng secara bulanan apalagi mingguan. 
Kegiatan yang cukup mengambil banyak perhatian warga ini dimulai setelah shalat ‘Isya` dengan manual acara yang sangat padat hingga menjelang tengah malam. Di samping mengikuti Orasi Kemerdekaan yang disampaikan oleh Ustadz Mahlail Syakur Sf., warga menikmati Makan Bareng dengan aneka menu, baik masakan tradsional seperti sambel ontong, sambel terong, gudhangan, tahu-tempe bacem, dan kerupuk, maupun masakan modern seperti ayam krispy. Tidak ketinggalan aneka buah, sop buah, dan doorprize. Malam Tirakatan juga menjadi ajang penampilan kreasi dan prestasi seperti pembuatan panggung dan dekorasi yang dikerjakan oleh kawula muda yang tergabung dalam wadah Organisasi Pemuda RT 02 (OPERA).
Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hari Kemerdekaan dalam menyabut HUT Kemerdekaan RI adalah hal biasa karena merupakan rukun yang harus ada, termasuk dalam kegiatan Malam Tirakatan, tetapi hal yang cukup menarik dan spektakuler dari sekian menu acara yang disajikan oleh warga RT 02 RW VI Ngembalrejo Kudus pada HUT Kemerdekaan RI tahun ini adalah dilantunkannya lagu “Ya Lal Wathan” atau “Hubbul Wathan” karya mBah K.H. Abdul Wahab Chasbullah dengan lantang tetapi bersemangat oleh anak-anak dan kawula muda. Lantunan lagu ini dalam Malam Tirakatan menunjukkan bentuk kebersamaan antara Umara` dan Ulama`. “Lagu Ya lal Wathan itu sangat bagus, dan anak-anak kita membawakannya dengan baik sekali. Lagu ini menumbuhkan jiwa nasionalisme yang religius”, kata Pak Ketua RT 02, Bapak Supaat dalam sambutannya. –ms2f--
Merdeka  … !!!   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar